Selasa, 29 Maret 2016

Akor (Seni Musik)

kor atau yang biasa disebut dengan kunci adalah gabungan dari beberapa nada yang menghasilkan paduan nada yang berfungsi untuk mengiringi sebuah lagu atau melody. Sedangkan nada-nada penyusun akor atau kunci tersebut terdiri dari kelipatan nada yang berawal dari nada dasar, misalnya :

  • C + F + A = C mayor, artinya gabungan dari nada C+F+A bila dibunyikan secara bersama maka akan terbentuk paduan nada bernama 'C mayor', dimana Akor yang terdiri dari 3 nada tersebut dinamakan Akor Triad. yaitu jenis akor yang paling umum digunakan dalam pengiring lagu atau melody baik dalam bentuk Mayor maupun Minor.
Akor Tiga atau Chord Triad adalah suatu bentuk Akor atau Chord yang terdiri dari tiga nada, misalnya :
  1. 1 + 3 + 5  (Do, Mi, Sol)
  2. 3 + 5 + 7  (Mi, Sol, Si)
  3. 2 + 4 + 6  (Re, Fa, La)
Kontruksi Chord Triad di Kunci C
  • Mayor   :   1  +  3  +  5 atau C  +  E  +  G
  • Minor   :   1  +  3b  +  5 atau C  +  Es (E mol)  +  G
  • Diminished  :  1  +  3b  +  5# atau C  +  Es (E mol)  +  Gis (G kres)
  • Augmented  :  1  +  3  +  5# atau C  +  E  +  Gis (G kres)
Untuk akor 7, 9, 11, 13 adalah akor triad yang telah mendapat imbuhan nada ke 7, 9, 11, 13, maka jadilah akor 7 dan seterusnya.
Misalnya akor C mayor terdiri dari nada-nada Do+Mi+Sol, Bila ditambah nada ke-7 atau nada 'Si', maka berubah menjadi  Do+Mi+Sol+Si atau disebut juga dengan akor C mayor7 atau Cmay7. Bila Akor Cmay7 tersebut mendapat imbuhan lagi nada ke-9 atau 'Re', maka menjadi akor Cmay9, demikian seterusnya sampai Cmay13.
Demikian pembahasan singkat kita mengenai Pengertian Akor (Chord) atau Kunci dalam Seni Musik, semoga dapat menambah pengetahuan teori musik anda.
 
 
Sumber :  http://www.a-ndi.com/2014/06/pengertian-akor-chord-atau-kunci-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar